Ingin Renovasi Rumah? Baca 7 Hal Penting Ini Terlebih Dahulu

Anda berniat merenovasi rumah? Sebaiknya Anda mengetahui hal-hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memulainya. Karena hasil merenovasi rumah tersebut ditujukan untuk jangka yang panjang. Yuk, simak 7 hal penting yang harus Anda ketahui sebelum melakukan renovasi rumah agar tidak salah langkah.

  1. Rencanakan Renovasi Lebih Awal

Tahap perencanaan merupakan periode yang paling penting dalam renovasi rumah. Dalam stage ini, Anda harus mempertimbangkan pilihan produk dari bahan bangunan, pembiayaan, dan juga desain baru dari rumah Anda.

Sebaiknya, Anda melakukan perencanaan dengan tepat dan efisien agar dapat menghemat anggaran dan menghindari pemborosan dana. Selain itu, tentukan juga desain yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan agar Anda mendapatkan output yang maksimal dari renovasi ini.

  1. Pahami Lingkungan Sekitar

Dengan memahami karakteristik daerah tertentu, Anda dapat mengenali dan menghargai karakter komunitas di sekitar Anda dan menggabungkan pola-pola bangunan setempat ke dalam desain baru untuk memperkaya kontekstual daerah tersebut. Sehingga, desain rumah Anda tidak terlalu mencolok atau kontras dengan rumah-rumah di sekitar lingkungan Anda.

  1. Pelajari Karakteristik Lahan

Desain baru pada rumah Anda harus bisa merespons karakteristik dan kondisi iklim pada lahan Anda. Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan faktor-faktor negatif seperti terhalangnya view, rawan polusi udara, banjir, dan bising. Transformasi rumah bisa dikatakan berhasil jika bisa mengatasi faktor-faktor tersebut.

Misalnya, Anda bisa menambahkan taman depan rumah untuk menghalau suara bising dan polusi udara. Anda juga dapat mengkonstruksi sedemikian rupa untuk menciptakan penghalang untuk menanggulangi banjir skala kecil.

  1. Harmonisasi Konstruksi

Untuk merombak desain konstruksi lama dan menggantinya dengan desain baru, Anda harus memahami bagaimana cara merancang desain tersebut dengan mudah. Anda harus secara logis dan natural menggabungkan pola, bentuk, dan infrastruktur dari desain rumah lama dan desain baru rumah Anda.

Ciptakan harmoni yang baik antara desain lama dan desain baru. Pertahankan kontruksi lama yang masih bagus, dan perbaiki kekurangannya dengan beberapa perbaikan di desain baru. Pertimbangkan juga apakah desain baru bisa menyatu dengan desain lama.

  1. Desain Rumah dan Refleksi Diri

Sebaiknya, Anda mendesain rumah yang mendukung gaya hidup keluarga Anda dan merefleksikan diri Anda. Sesuaikan juga dengan kebutuhan ruang masing-masing, seperti ruang untuk berkumpul dan hiburan, ruang untuk membaca buku, area pribadi untuk bekerja di rumah, ruang tamu, ruang tidur, dan lain sebagainya.

  1. Pertimbangkan Saluran Air

Air merupakan elemen penting yang harus Anda perhatikan dalam merenovasi rumah. Jika Anda ingin menambah jumlah kamar mandi, Anda harus mempertimbangkan keadaan saluran air, batasan persediaan air, jalur pipa, tangki air, dan kapasitas pemanas air Anda. Sesuaikan jumlah kamar mandi dengan jalur pipa yang lebih besar dan berkapasitas lebih banyak.

  1. Pertimbangkan Panel Listrik

Jika Anda ingin menambahkan ruang atau lantai, tentunya Anda harus memperbarui panel listrik Anda. Proyek renovasi Anda juga merupakan kesempatan untuk mengatur jaringan kabel baru untuk menghubungkan semua komponen listrik yang dibutuhkan. Sebaiknya Anda menyerahkan hal ini pada petugas profesional dari jasa penyedia renovasi.

Demikianlah ulasan mengenai 7 hal penting yang harus Anda ketahui dan juga untuk Anda implementasikan dalam merenovasi rumah. Jika Anda sudah memiliki rencana yang matang untuk perbaikan rumah, tapi belum menemukan jasa renovasi rumah yang tepat dan profesional, Anda bisa dengan mudah mencarinya di sejasa.com. Siap untuk renovasi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *